Perkembangan Efikasi Diri dalam Presentasi Berbahasa Inggris pada Mahasiswa ESP Indonesia: Pengaruh Tugas Presentasi Individu dan Kelompok
Sakhiyya Z., Lotfie M.M., Fitriati S.W., Mujiyanto J., Hartono H., Maharani M.M.
Admin
10 October 2025 07:18
WIB
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efikasi diri mahasiswa ESP (English for Specific Purposes) dalam melakukan presentasi berbahasa Inggris melalui desain penelitian longitudinal-eksperimental. Berlandaskan pada teori kognitif sosial Bandura, penelitian ini mengkaji dua permasalahan utama, yaitu: (1) bagaimana perkembangan efikasi diri mahasiswa ESP Indonesia dalam presentasi berbahasa Inggris ketika mereka mendapatkan pengalaman penguasaan (mastery experience) melalui tugas presentasi, dan (2) bagaimana perbedaan antara tugas presentasi individu dan tugas presentasi kelompok memengaruhi perkembangan efikasi diri dalam presentasi berbahasa Inggris.
Sebanyak tiga kelompok mahasiswa ESP (n = 107) yang mengambil mata kuliah English for Management dipilih secara purposif sebagai partisipan penelitian. Setiap kelompok memperoleh salah satu dari tiga bentuk intervensi, yaitu: tugas presentasi individu, tugas presentasi kelompok homogen, dan tugas presentasi kelompok heterogen. Instrumen penelitian berupa kuesioner efikasi diri presentasi berbahasa Inggris dengan skala Likert yang telah divalidasi melalui analisis faktor eksploratori (EFA) digunakan untuk mengumpulkan data pada minggu ke-3, ke-8, ke-12, dan ke-16 semester.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri mahasiswa ESP Indonesia dalam presentasi berbahasa Inggris meningkat secara signifikan seiring dengan penyelesaian tugas-tugas presentasi yang diberikan. Tugas presentasi kelompok homogen terbukti memberikan peningkatan efikasi diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan tugas kelompok heterogen maupun tugas individu.
Penelitian ini juga menyajikan implikasi terhadap praktik pengajaran, keterbatasan penelitian, serta rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.
Keywords
Citation
Sakhiyya Z., Lotfie M.M., Fitriati S.W., Mujiyanto J., Hartono H., Maharani M.M. (2023). English Presentation Self-efficacy Development Of Indonesian Esp Students: The Effects Of Individual Versus Group Presentation Tasks, International Journal of Language Education, 7(3), 361-376, https://doi.org/10.26858/ijole.v7i3.34442